PENGERTIAN
Flu Burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang unggas. Salah satu tipenya adalah yang disebabkan oleh virus dengan kode genetik H5N1 (H=Haemagglutinin, N=Neuramidase) dan dapat menular ke tubuh manusia.

Penyebab

Penyebab flu burung adalah virus influenza tipe A . Virus influenza termasuk famili Orthomyxoviridae. Virus influenza tipe A dapat berubah-ubah bentuk  dan dapat menyebabkan epidemi dan pandemi. Berdasarkan sub tipenya terdiri dari Hemaglutinin (H) dan Neuramidase (N) . Kedua huruf ini digunakan sebagai identifikasi kode subtipe flu burung yang banyak jenisnya.

Pada manusia  hanya terdapat jenis H1N1, H2N2, H3N3, H5N1, H9N2, H1N2, H7N7,Sedangkan di hewan H1-H5 dan N1-N98. Strain yang sangat virulen/ganas dan menyebabkan flu burung adalah dari subtipe A H5N1.
Virus tersebut dapat bertahan hidup di air sampai 4 hari pada suhu 22 °C dan lebih dari 30 hari pada 0 °C. Virus akan mati pada pemanasan 60 °C selama 30 menit atau 56 °C selama 3 jam dan dengan detergent, desinfektan misalnya formalin, serta cairan yang mengandung iodin.

Gejala
Timbulnya demam tinggi (> 38 derajat Celcius), sakit tenggorokan yang tiba-tiba, batuk, mengeluarkan ingus, nyeri otot, sakit kepala, lemas mendadak, timbulnya radang paru-paru (pneumonia). Gejala tersebut mirip dengan gejala flu biasa. Jika tidak ditangani secara cepat dapat mengakibatkan kematian penderita.

PENGOBATAN
Pengobatan bagi penderita flu burung adalah:
Oksigenasi bila terdapat sesak napas.
Hidrasi dengan pemberian cairan parenteral (infus).
Pemberian obat anti virus oseltamivir 75 mg dosis tunggal selama 7 hari.
Amantadin diberikan pada awal infeksi, sedapat mungkin dalam waktu 48 jam pertama selama 3-5 hari dengan dosis 5 mg/kg BB perhari dibagi dalam 2 dosis. Bila berat badan lebih dari 45 kg diberikan 100 mg 2 kali sehari.

Sosialisasi Masyarakat:

  • Biasakan untuk pola hidup sehat
  • Biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun terutama setelah kontak langsung dengan unggas
  • Laporkan apabila ada unggas yang mati secara mendadak
  • Ketahui gejala-gejala flu burung
  • Pisahkan kandang unggas dengan tempat tinggal manusia

Semoga sedikit info ini bermanfaat dan  masukan saran dan kritik akan dapat membantu kita untuk menjadi lebih baik lagi

sumber:  depkes ri